ClocK

Sabtu

Tips dan Triks Lolos Interview


6 KIAT LOLOS INTERVIEW_
Anda sudah lolos tes tertulis dan dipanggil untuk interview kerja? Supaya makin Pe-De baca dulu tips dibawah ini. Banyak pencari kerja yang gagal pada saat mengikuti tahap wawancara, padahal inilah biasanya fase terakhir dari rangkaian proses melamar pekerjaan—tinggal selangkah lagi apakah pihak perusahaan memutuskan menerima Anda atau tidak. Jadi, penting sekali untuk memperhatikan hal-hal apa saja yang harus Anda lakukan supaya lolos sebagai pegawai. Pengalaman saya pada saat interview adalah moment yang paling menentukan di terima atau tidaknya seseorang pada perusahaan tersebut. Karena kebanyakan perusahaan menerima seseorang karena memiliki sosialisi yang tinggi, pandai bekomunikasi, tidak sombong, aktif. Sekarang kita lihat 6 kiat Lolos Interview untuk mempermudahkan kita diterima dalam bekerja:

1.Pastikan Anda bangun dalam keadaan segar bugar.
Jika tubuh Anda sehat, maka Anda juga dapat berpikir dengan tubuh yang kreatif dan jernih—kondisi yang dibutuhkan untuk menghadapi sesi tanya jawab. Selain itu, wajah yang segar juga dapat mengundang rasa simpati karena tentunya tentu lebih enak dilihat dibandingkan dengan tampang ngantuk. Niali positif Anda secara otomatis akan ditambah dimata interviewer.
2.Datanglah tepat waktu
dan jangan sampai terlambat. Hal yang sederhana memang, tapi ada saja orang yang mengabaikannya dan akhirnya menjadi bumerang. Menghargai waktu orang lain menggambarkan watak perilaku dan pencari kerja. Selain itu, orang yang taat terhadap waktu dan perilaku sang pencari kerja. Selain itu, orang yang taat terhadap waktu juga menunjukkan bahwa ia cenderung disipilin dan memiliki etos kerja yang baik.
3.Buat kesan pertama yang santai dan bersahabat
sebelum wawancara dimulai, perkenalkan dulu diri Anda dengan menggunakan bahasa lisan yang sopan dan bahasa tubuh yang menarik simpati, selain berguna untuk ice breaking, hal ini juga mengundang kesan bahwa Anda adalah seorang yang percaya diri dan profesional.
4.Pada saat proses wawancara, jawablah semua pertanyaan dengan jujur dan tegas.
Pasang juga bahasa tubuh yang baik, terutama eye-contact. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas, jangan ragu-ragu untuk untuk menanyakan klarifikasi. Berlakulah positif dalam menjawab semua pertanyaan, baik yang mudah maupun yang susah meskipun itu memojokkan Anda.
5.Jika sang interviewer memberikan kesempatan kepada Anda untuk bertanya,
manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Ajukan berbagai pertanyaan terkait dengan perusahaan yang bersangkutan. Dengan rajin bertanya akan timbul kesan Anda memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.
6.Usai wawancara pastikan perusahaan telah memiliki semua inforasi tentang Anda, seperti CV dan informasi kontak. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada sang interviewer atas kesempatan yang telah diberikan kepada Anda.
Simon Cowell, juri yang populer karena kesinisannya dalam acara American Idol sering mengatakan “one song can change ur life” atau artinya pilihan lagu yang tepat dapat menguba hidup Anda. Nah wawancara merupakan kesempatan eas dalam hidup jadi manfaatkanlah dengan sebaik mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar